Riwayat Situs


Alhamdulillah kami ucapkan ke hadirat Allah SWT atas selesainya situs ini. Dari waktu ke waktu tahun ke tahun kami mulai menyukai barang antik. Dari pertama dan awalnya mulai dari piring kerawang yang sangat umum  dan mulai meningkat ke keramik atau piring-piring dari Dynasty Ching dan mulai berani mengkoleksi Martavan , hingga sekarang ini koleksi untuk piring Jepang maupun China sudah berjumlah ratusan . Martavan kami pun sudah berjumlah puluhan dari Sri Rjeki yang merupakan martavan dengan bintang 1 , sesuai dengan Buku Ancient Martavans A Great Forgotten Heritage By Boedi Mranata and Handojo Susanto. Sampai martavan bintang 4 , atas Ijin Allah SWT dapat kami Koleksi.

Seiring perjalanan waktu koleksi kami mulai bertambah dengan kecintaan terhadap barang barang kristal. Pada awal perjalanan kami hanya mengenal kristal berupa vas jepang atau vas ceprok , ditambah dengan standcup atau botol botol . Pada awalnya kami sangat awam dengan pengetahuan mengenai kristal, patokan kami hanyalah dari pengetahuan umum yaitu untuk kristal adalah di bagian bawah haraus ada patahan , itulah yang dianggap kristal kuno. Karena semua kristal kuno dibuat dengan sistim tiup. Suatu anggapan yang tidak 100% benar dan juga tidak 100% salah. 

Kristal di tanah air kita mungkin tidak seumum dengan keramik . Hal ini dapat dikaitkan dengan sejarah bangsa kita dan juga fingsi dari barang itu sendiri. Kebanyak kristal pada dasarnya lebih untuk kebutuhan keindahan dari pada untuk pemenuhan fungsi. Lebih menitikberatkan pada Art atau seni. Sehingga lebih banyak beredar atau hanya dimiliki oleh orang atau keluarga kaya . Di tanah air kita orang yang mempunyai kekayaan lebih pada jaman dahulu adalah kaum bangsawan di lingkungan kraton dan para pengusahan tempo dulu. Hal inilah yang menurut hemat kami menyebabkan terbatasnya peredaran kristal antik atau kuno. Berbeda halnya dengan barang keramik yang karena fungsinya lebih banyak dipakai oleh semua kalangan sampai dengan sekarang. 

Kristal-kristal seni yang paling banyak beredar adalah vas ceprok yang merupakan imitasi dari vas kirstal buatan barat, yang mencontoh dari bentuknya saja . Kalau dilihat dari proses pembuatannya sangatlah berbeda. Vas ceprok yang kita kenal sekarang ini buatan jepang atau china dan berusia tidak terlalu tua.  Kedua negara tersebut tidak terlalu menonjo dalam tradisi pembuatan gelas atau kristal. Istilah gelas (glass) dan kristal pun agak rancu, hal utama yang membedakan adalah kandungan lead atau timbal . Pada saatnya nanti akan kami bahas lebih lanjut , termasuk hasil karya seniman seniman gelas dari barat yang sangat terkenal seperti Harach, Loetz, Daum Nancy, Moser  dan juga negara asal pabrikan gelas . 

Situs AntikAntik.com untuk saat ini kami dedikasikan pada kristal dan gelas antik atau kuno yang menjadi koleksi kami . Situs ini masih jauh dari sempurna dan kami mohon masukan dari teman - teman kolektor dan juga para pakar gelas dan kristal yang jauh lebih tahu dari pada kami .

Salam........ 


0 komentar:

Posting Komentar